Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER

Post Thrusday, February 02 2017

 

 

  1. Jaringan Komputer

Jaringan computer adalah hubungan dua simpul atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran data atau untuk melakukan berbagai perangkat lunak, perangkat keras dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan atau lebih spesifiknya jaringan computer adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel(wireless). Dua unit computer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bias saling bertuksr data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan (harddisk,flashdisk dll). Data yang berupa teks audio maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna computer dalam jaringan computer dapat saling bertukar file/data , mencetak pada printer yang sama dan menggunakan hardware/software yang terhubung dalam jaringan bersama-sama.

Manfaat penggunaan jaringan computer;

a. Berbagi perangkat keras.

Perangkat keras semacam harddisk/flashdisk , CD ROM dan bahkan modem dapat digunakan oleh sejumlah computer tanpa melepas dan memasang kembali ,cukup piranti tersebut dipasang pada subuah computer atau piranti lainnya sehingga computer lain dapat mengaksesnya. Cara seperti ini dapat menghemat biaya.

b. Berbagi program atau data.

Program ataupun data dimungkinkan unuk disimpan pada sebuah computer yang bertindak sebagai server (yang melayani computer yang akan membutukan data atau program.penempatan data pada sebuah server juga memberikan keuntungan , antara lain menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistean, karena data tersimpan secara terpusat pada sebuah computer(server) bukan tersimpan pada setiap computer pemakai sehingga tidak terjadi duplikasi data.

c. Mendukung kecepatan berkomunikasi.

Dengan dukungan jaringan orang-orang akan lebih mudah dalam berkomunikasi tanpa harus bertatap muka dan komunikasi dapat dilakukan lebih cepat. Seperti, Telepon, Chatting maupun Telekonferensi.

d. Memudahkan pengaksesan informasi.

Jaringan computer memudahkan informasi. Pertumbuhan Internet adalah salah satu implementasi jaringan tersebut didunia , dan memungkinkan segala informasi yang ada didunia mudah untuk didapatkan.

2. Klasifikasi Jaringan Komputer

Ditinjau dari rentang geografis yang dicakup oleh suatu jaringan, Jaringan biasa dibagi menjadi 4 jenis yaitu, LAN, MAN, WAN dan Internet.

a. Local Area Network (LAN).

LAN adalah jaringan computer yang mencakup area dalam satu ruang gedung atau beberapa gedung yang berdekatan. Contohnya seperti Kampus atau perusahaan.

b. Metropolitan Area Network (MAN).

MAN adalah jaringan yang mencakup area satu kota atau rentang sekitar 10 – 45 km. Jaringan yang menghubungkan beberapa Bank yang terletak dalam satu kota atau kampus yang tersebar dalam beberapa lokasi tergolong termasuk sebagai MAN. Jaringan seperti ini umumnya menggunakan media transmisi dengan micro gelombang atau gelombang radio. Namun, ada juga yang ,menggunakan jalur sewa(leased line) .

c. Wide Area Network (WAN).

WAN adalah jaringan ynag mencakup antar kota, provinsi, Negara dan bahkan antar benua. Contoh WAN adalah jaringan yang menghubungkan ATM.

d. Internet

Internet yang merupakan gabungan dari LAN, MAN, dan WAN, adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringanjaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan alamat unik yang biasa disebut dengan alamat Internet Protocol (IP).

3. Topologi Jaringan

Topologi jaringan menyatakan susunan computer secara fisik dalam satu jaringan.Topologi jaringan suatu cara menghubungkan yang satu dan computer lainnya sehingga membentuk jaringan. Berbagai kemungkinan topologi bus, star, ring, tree, mesh.

a.Topologi Bus

Topologi Bus adalah sebuah kabel tunggal atau pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan . Keunggulannya adalah penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation. Kelemahannya adalah bila terdapat gangguan sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.

b.Topologi Ring

Semua Workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk pola lingkaran atau cincin. Tiap-tiap workstation akan menerima dan melewatkan informasi dari satu computer ke computer lain, bila alamat yang dimasukkan sesuai maka informasi diterima dan jika tidak informasi akana dilewatkan. Keunggulannya adalah tidak terjadi collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada topology Bus, Karena hanya suatu node dapat mengirimkan data pada suatu saat. Kelemahannya adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengolah informasi yang dilewatkan dalam jaringan sehingga bila terdapat gangguan disuatu node maka seluruh jaringan akan terganggu.

c.Topologi Star

Masing-masing workstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub. Keunggulannya adalah dengan adanya kabel tersendiri untuk setiap worlstation ke server, maka bandwith atau lebar jalur komunikasi dalam kabel akan semakin lebar sehingga akan meningkatkan unjuk kerja jaringan secara keseluruhan, bila terdapat gangguan disatu jalur maka hanya akan terjadi dalam komunikasi antar workstation yang bersangkutan dengan server, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan. Kelemahannya adalah kebutuhan kabel yang besar dari pada topologi lainnya.

d. Topologi Tree

Gabungan dari topologi star dan bus.

e.  Topologi Mesh

Digunakan pada kondisi dimana ada hubungan komunkasi terputus secara absolut antar node computer topologi ini merefleksikan desain internet yang memiliki multi path ke berbagai lokasi.

(** Workstation juga disebut Client)

 

4. Protocol

Protocol atau juga disebut protocol komunikasi adalah suat tata cara yang digunakan untuk melaksanakan pertukaran data antara du system dalam jaringan.Protokol ini mengurusi perbedaan format data pada kedua system hingga pada masalah listrik.

Standar protocol yang terkenal yaitu OSI (Open system Interconnecting) yang ditentukan oleh ISO (International Standard Organization). Standar OSI ini mendefinisikan 7 lapisan. Pada model ini , pemakai berinteraksi dengan system aplikasi yang beroprasi pada lapisan apliksai terbawah yang menghubungkan dua system secar fisik.

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini,

jarkom

 

Lapisan Keterangan
Physical Mengatur pengiriman dari berupa bit lewat kabel atau jalur transmisi
Data Link Mengendalikan kesalah antara dua computer yang berkomunikasi lewat lapisan physical (lewat hub / switch)
Network Menerjemahkan alamat logis jaringan ke alamat fisik jaringan / memberi identitas
Transport Mengatur pengiriman pesan dan host-host jaringan
Session Membuat sesi untuk memulai atau mengakhiri proses
Presentation Bertanggung jawab untuk menyandikan informasi lapisan ini membuat 2 host dapat berkomunikasi.
Application Menyediakan layanan untuk aplikasi misalnya transfer file, email, akses suatu computer atau layanan.

 

 

 

 

5. TCP/IP (transmission Control Protocol) (Internet Protocol)

TCP/IP memiliki pengertian masing-masing. TCP merupakan salah satu protoko yang paling umum digunakan pada lapisan Transport,sedangkan IP merupakan protocol utama pada model OSI pada lapisan jaringan, TCP/IP dikenal pula sebagia paket yang berisisejumlah program.

6.Perangkat Jaringan

Perangkat jaringan adalah semua computer,peripheral, NIC, dan perangkat tambahan yang terhubung dalam suatu system jaringan computer untuk melakukan kominkasi data.

Yang termasuk perangkat jaringan adlah sebagai berikut:

a. Repeater

Repeater adalah piranti yang berfungsi untuk memulihkan isyarata yang agak cacat. Piranti ini bias digunkan pada jaringan bertopologi bus atau cincin untuk memperpanjang jangkauan jaringan.

b. Bridge

Bridge diperlukan untuk menghubungkan dua LAN yang bertopologi berbeda, Keledihan piranti ini adalah menjadikan lalulintas local setiap jaringan tidak saling berpengaruh. Bridge dapat memisahkan antar jaringan sekiranya memang tidak ada permintaan hubungan dari suatu jaringan ke jaringan lain.

c.Router

Router adalah piranti yang berfungsi menghubungkan LAN-LAN dan mengelola penyaluran lalu lintas data didalamnya. Router akan menemukan jalur terbaik untuk komunikasi data.

d. Brouter

Brouter adalah piranti yang dapat bertindak sebagai bridge atau router.

e. Gateway

Gateway berfungsi untuk menghubungkan dua jaringan yang memiliki protocol yang sama sekali berbeda. Contoh penggunaan gateway adalah untuk menghubungkan jaringan SNA(IBM) dan jaringan yang menggunakan system operasi jaringan NetWare (Novell).

e.Server/Host.

Server merupakan pusat control dari jaringan computer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dan untuk mengolah suatu jaringan computer. Server akan melayani seluruh client/workstation yang terhubung ke jaringan. Sistem Operasi yang digunakan pada server adalah system operasi yang khusus dapat memberikan layanan bagi workstation.

f. Workstation/Client

Workstation/Client adalah computer yang terhubung denga sebuah LAN. Semua computer yang terhubung dengan jaringan dapat dikatakan sebagai Workstation/Client . computer ini yang melakukan akses ke server guna mendapat layanan yang telah disediakan oleh server.

h.Hub/Switch

Hub adalah perangkat dengan banyak port yang memungkinkan beberapa titik bergabung menjadi satu jaringan,sedangkan Switch adalah perangkat yang berguna untuk menghubungkan multiple computer, switch sama halnya dengan Hub secara fisik tetapi logikanya sama dengan barisan bridge.

7. Pengertian Subnet, Supernetting dan IP Address( Alamat IP)

a.Subnet

Subnet merupakan pembagian jaringan ke dalam beberapa sub jaringan yang lebih kecil dari jaringan class full, dan masing-masing memiliki alamat network sendiri-sendiri.

b. Alamat IP (Internet Protocol)

Alamat IP(Internet Protocol) adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP. Internet Assigned Numbers Authority(IANA) adalah sebuag organisasi yang mengelola alokasi alamat IP global. Internet Protocol(IP) address adalah alamat numerik yang ditetapkan untuk sebuahkomputer yang berpartisipasi dalam jaringan komputer yang memanfaatkan Internet Protocol untuk komunikasi antara node-nya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

****DAFTAR PUSTAKA

  1. Kadir, A., dan Terra Ch. Triwahyuni; 2013; Pengantar Teknoligi Informasi Edisi Revisi II. ;Penerbit Andy; Yogyakarta.
  2. https://hanafi29.files.wordpress.com
  3. http://www.indolearn.com/2016/04/25/subnetting-dan-supernetting-adalah/
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s